Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBeritaSatgas Baregbeg Ciamis Gelar Simulasi Penanganan Pasien Covid-19

Satgas Baregbeg Ciamis Gelar Simulasi Penanganan Pasien Covid-19

ReportaseePRIANGAN.com – Dalam kesiapan penanganan pasien Covid-19, Satgas Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis menggelar simulasi penanganan pasien untuk isolasi terpusat di tingkat kecamatan.

Kepala Puskesmas Baregbeg, Garlia Bayurini mengatakan, digelarnya simulasi oleh Satgas kecamatan sebagai bentuk untuk mempersiapkan sumber daya dan sarana prasarananya apabila ada pasien Covid-19 bergejala ringan.

Menurutnya, sesuai dengan arahan Bupati Ciamis pihaknya akan  mempersiapkan isolasi terpusat di kecamatan dan tempat isolasinya di SMP Negeri 1 Baregbeg.

Dalam Simulasi tersebut pihaknya memulai komunikasi dengan pihak desa, Babinsa atau Babinkamtibmas dan petugas yang ada di tempat isolasi terpusat tingkat kecamatan. Bahwa ada warga yang terduga terinfeksi virus Corona.

“Untuk di tempat isolasi terpusat ini sedikitnya kami meyediakan sebanyak 12 bed, dan Kami bagi dua. Diantaranya untuk perempuan dan laki-laki,” Ujarnya.

Lebih lanjut Garlia menjelaskan, untuk pasien dijemput oleh tim kesehatan menggunakan ambulance dan dilakukan tes untuk memastikan bahwa warga tersebut terinfeksi Covid-19 atau tidak.

Setelah diketahui bahwa warga positif Covid-19, pasien kemudian diantar petugas kesehatan menggunakan ambulance ke tempat isolasi terpusat di SMP Negeri 1 Baregbeg Ciamis.

Untuk ruangan isolasi mandiri terpusat di SMP Negeri 1 Baregbeg itu hanya untuk pasien Covid-19 yang bergejala ringan. Sehingga tak disediakan oksigen. Lantaran oksigen sifatnya untuk darurat pasien bergejala berat.

“Sampai saat ini untuk di Kecamatan Baregbeg ada sebanyak 33 warga yang terinfeksi Covid-19, dan sekarang mereka sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing,” Tuturnya.

Sementara itu, Camat Baregbeg Edy Yulianto menambahkan, bahwa petugas yang diterjunkan di tempat isolasi mandiri secara terpusat itu mulai dari tingkat desa sampai kecamatan.

Yang bertugas di tempat isolasi mandiri terpusat ini tidak semua tenaga kesehatan. Tapi pihaknya melibatkan mulai dari karang taruna, pegawai desa, kecamatan, PPDI, alim ulama, dan yang lain nya.

Untuk Para pasien yang melaksanakan isolasi terpust di SMPN 1 Baregbeg juga diberikan makan gratis. pihak kecamatan yang bekerjasama dengan pelaku UMKM setempat untuk menyediakan makan bagi pasien Covid-19.

“Kami berharap isolasi mandiri yang terpusat di tingkat kecamatan ini bisa berjalan optimal dan penanganan Covid-19 di Baregbeg semakin baik,” Pungkasnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments