Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBeritaDPRKPLH Ciamis Harapkan Masyarakat Tatar Galuh Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

DPRKPLH Ciamis Harapkan Masyarakat Tatar Galuh Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

ReportaseePRIANGAN.com – Dalam hari bebas kantong plastik sedunia, Kepala Dinas PRKPLH Ciamis, H. Taufik Gumelar berharap masyarakat tatar Galuh Ciamis khususnya agar bisa mengurangi penggunaan kantong plastik.

Taufik mengatakan, hal tersebut juga merujuk pada peraturan Bupati Nomor 27 tahun 2021 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik.

“Untuk menumbhukan kesadaran dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup terutama dari dampak dan limbah kantong plastik diperlukan pengendalian melalui pengurangan penggunaan kantong plastik,” katanya, Sabtu (3/7/2021).

Dengan adanya Perbup tersebut, diharapkan  dapat mendorong upaya pengurangan sampah. Dan Pada dasarnya, segala upaya pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan tidak akan menemui jalan keluar jika dikerjakan sendiri.

“Bagi kami disini Kontribusi masyakarat dalam hal kesadaran dan gotong royong tentang Lingkungan tetap dianggap penting untuk menciptakan dampak, apalagi jika dilakukan bersama-sama,” ucapnya.

Lebih lanjut Taufik menuturkan, hari bebas kantong plastik sedunia merupakan gerakan yang dibuat untuk menyingkirkan plastik sekali pakai. Gerakan ini diinisiasi oleh Bag Free World, dan diikuti oleh banyak orang di seluruh dunia.

Menurutnya, Cara paling mudah untuk mengurangi sampah kantong plastik adalah dengan membawa tas belanja kain kemana pun kaki melangkah. Untuk Wadah sekali pakai juga bisa mulai dihindari. Salah satunya menggunakan tumbler untuk es kopi, air mineral atau yang lain nya.

“Dengan dikeluarkannya Perbup tentang pengurangan penggunaan kantong plastik diharapkan bisa menjadi langkah baik untuk meminimalisir masalah sampah plastik di Ciamis. Dan hadirnya Bank sampah Ciamis pun jujur ini sudah membantu minimal bisa meminimalisir tentang persampahan,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments