Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBeritaProf. DR. Hj. Nia Rohayati, Dra.,M.Pd. Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Unigal Ciamis

Prof. DR. Hj. Nia Rohayati, Dra.,M.Pd. Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Unigal Ciamis

ReportaseePRIANGAN.com – Prof. Dr. Hj. Nia Rohayati, Dra., M.Pd. dikukuhkan sebagai Guru Besar Profesor Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia Pada FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Universitas Galuh Ciamis.

Acara pengukuhan tersebut berlangsung Kamis, (26/08/21), Tema dalam orasi ilmiah nya yaitu tentang ‘ Penyesuaian perbedaan individual dengan penerapan HOTS dan TPACK meningkatkan keterampilan menulis pada abad 21’.

Menurutnya, Dengan banyaknya permasalahan bahwa pembelajaran menulis merupakan hal yang sulit, serta adanya realita bahwa mutu pembelajaran menulis masih harus ditingkatkan dan dikembangkan.

Diantaranya yaitu dengan mencari baik itu model, strategi, teknik dan pendekatan yang menjadi pijakan untuk bagaimana mengembangkan, meningkatkan kemampuan menulis dari perbedaan potensi dan kemampuan perseorangan/individu dengan menerapkan metode HOTS
(Higher Order of Thinking Skill) dan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) melalui pembelajaran menulis .

Secara khusus, Penyesuaian Perbedaan Individual dengan penerapan HOTS Higher Order of Thinking Skill) dan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang keberterimaan, perbandingan, dampak, kelebihan, kelemahan, dalam meningkatkan keterampilan menulis.

Analisis dan Studi ini memiliki implikasi teoretis dan praktis tentang Penyesuaian Perbedaan Individual (Adapting to Individual Differences/ATID) dengan metode HOTS (Higher Order of Thinking Skill) dan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) ditunjang dengan berpikir induktif dan operasi dasar yang dapat mengembangkan keterampilan menulis.

Secara teoretis, studi ini berimplikasi pada pembelajaran menulis dan pendidikan yang tidak hanya mengeksploitasi untuk menguasai tujuan pembelajaran semata tetapi juga proses pembelajaran dan pendidikan dapat meningkatkan kemampuan sesuai dengan tujuan kurikulum yang berbasis kompetensi dan seseuai dengan kurikulum 2013.

Secara praktis, Penyesuaian Perbedaan Individual (Adapting to Individual Differences/ATID) dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran menulis di setiap jenjang pendidikan.

Dalam keterampilan menulis pada abad 21 Berbagai kemampuan yang dibedakan oleh para individu tersebut bagaimana untuk meningkatkan kemampuan menulis sehingga mampu melahirkan suatu tulisan yang berkualitas unggul dan bermutu mampu berdaya saing yang dapat dipublikasikan baik pada jurnal regional , nasional , dan internasional di jurnal bereputasi ,yang akan memperkaya literasi dalam big data jurnal atau halnya bentuk karangan/cerpen, artikel atau tulisan jurnal lainnya.

“Saya berharap Analisis ini dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan menulis di seluruh jenjang pendidikan. Sudah saatnya bagi guru-guru /pngajar /tenag akademik untuk menjadi agen pembaharuan (inovator) dan (creator) dalam pembelajaran menulis sehingga tidak dipandang sebelah mata karena keterampilan menulis mampu mengembangkan keterampilan berbahasa,” Ujarnya.

Lebih lanjut Nia menambahkan, Untuk lebih menarik motivasi menulis (learning and hobbg) mereka dapat merespons dengan hasil tulisan (menulis berkualitas atau bermutu/quality writing) menggunakan tahap-tahap yang berhubungan dengan itu seperti tahap connecting dan tahap interpreting dan evaluating.

Sedangkan Untuk mendapatkan hasil karya tulis yang diharapkan ,bermutu dan mampu menunjukkan keunggulan ini terdiri atas tiga strategi yaitu formasi konsep, interpretasi data, dan aplikasi prinsip.

“Saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga selama ini yang telah membimbing dan mendorong juga memotivasi. Rektor Universitas Galuh Dr.H.Yat Rosvia Brata, Pembina, ketua jajaran pengurus yayasan, dan juga kepada seluruh civitas  Akademi  Universitas  Galuh. Semoga saya bisa menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” Tuturnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments