BeritaPemerintahan

Pj Bupati Ciamis Sampaikan Komitmen Soal Pengelolaan Lingkungan Hidup

Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna, bersama Ketua DPRD Ciamis, Nanang Permana, menunjukkan komitmen dan inovasi luar biasa dalam pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Ciamis.

Hal ini terbukti dalam wawancara Penilaian Nirwasita Tantra yang mereka ikuti secara virtual pada hari Jumat (14/06/2024).

Inovasi dan Komitmen Membawa Hasil Membanggakan

Di hadapan Tim Panelis Nirwasita Tantra, Pj Bupati Ciamis memaparkan berbagai inovasi dan langkah strategis yang telah dilakukan untuk mengatasi permasalahan lingkungan hidup di Kabupaten Ciamis.

Engkus menjelaskan 16 inovasi unggulan, termasuk pemanfaatan kotoran ternak sebagai energi dan pupuk.

Kemudian gerakan tanam dan pelihara pohon (GTPP), dan keberadaan bank sampah di setiap desa dan kelurahan.

Upaya-upaya tersebut membuahkan hasil yang membanggakan.

Kabupaten Ciamis berhasil meraih penghargaan Adipura Kencana dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, sebuah pencapaian yang luar biasa!

Tak hanya berhenti di situ, Pj Bupati Ciamis menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kapasitas perangkat daerah dan peran serta masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Ia juga mendorong program-program inovatif di bidang lingkungan hidup, seperti pengolahan sampah menjadi energi dengan bekerja sama dengan investor dari Korea Selatan.