Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBeritaPemerintah Kabupaten Ciamis Berikan Penghargaan kepada Penggiat Peduli Lingkungan

Pemerintah Kabupaten Ciamis Berikan Penghargaan kepada Penggiat Peduli Lingkungan

ReportaseePRIANGAN.com – Sebagai bentuk penghargaan dan motivasi bagi penggiat peduli lingkungan, Pemerintah Kabupaten Ciamis memberikan penghargaan.

Penghargaan tersebut untuk nasabah Bank Sampah Ciamis atau BSC, dalam kategori bank sampah unit dan bank sampah perorangan.

Pemberian penghargaan tersebut langsung oleh Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya melalui Kepala Dinas PRKPLH Ciamis, H. Taufik Gumelar serta Kabid Kebersihan dan Persampahan DPRKPLH Ciamis, Giyatno.

Untuk kategori bank sampah unit, merupakan hasil pengundian langsung oleh Bupati Ciamis, dan pemenangnya adalah bank sampah Compas.

Bank Sampah Compas berasal dari Dusun Awisari, Desa Cikoneng, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis.

“Sedangkan untuk kategori bank sampah perorangan, pemenangnya adalah pak Diding Rohyana, warga Desa Karanganyar, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis,” kata Taufik, Senin (14/6/2021).

Taufik mengatakan, program bank sampah ini adalah untuk mendukung program atau kebijakan Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam hal pengurangan dan penanganan sampah.

“Untuk pemenang bank sampah unit maupun bank sampah perorangan, pengundiannya oleh Bupati Ciamis, tentunya dengan beberapa kategori,” katanya.

Untuk kategori bank sampah unit, kata dia, itu antaralain bank sampah yang sudah berjalan selama dua tahun.

Sinergis dengan berbagai pihak, jumlah transaksi atau menabung di bank sampah Ciamis (BSC) minimal 12 kali transaksi.

“Selain itu, bangunan yang ada milik relawan atau hasil swadaya pengurus atau nasabah,” katanya.

Juga, kata Tafik, selalu konsisten dan kontinyu untuk menabung di BSC, dan adanya kebermanfaatan inovasi bank sampah bagi masyarakat.

Sedangkan, lanjut dia, untuk kategori bank sampah  perorangan yaitu sudah menjadi nasabah BSC minimal satu tahun, jumlah transaksi menabung di BSC minimal satu atau 12 kali transaksi.

Nasabah atau Masyarakat Harus Konsisten Nabung Sampah di BSC

Kemudian, akumulasi saldo tabungan nasabah minimal satu juta, konsiasen dan kontinyu menabung di BSC, ikut serta menyosialisasikan program menabung sampah di BSC.

“Jujur kami mengucapkan banyak terima kasih yang tidak terhingga atas apa yang telah kita lakukan bersama. Kami selaku pemerintah akan terus mendukung dan menjaga upaya yang telah masyarakat Tatar Galuh Ciamis lakukan,” ucapnya.

Taufik menuturkan, sebagai bagian dari Pemerintah Kabupaten Ciamis, Taufik mewakilinya untuk memberikan penghargaan tersebut secara langsung kepada pemenang kategori bank sampah perorangan.

“Atas jasanya yang menyelamatkan lingkungan, berhak mendapatkan penghargaan berupa satu unit sepeda motor,” tuturnya.

Terkait kebersihan lingkungan, dalam hal ini pemerintah akan terus mendukung untuk penyelamatan lingkungan kebersihan. Pasalnya banyak nilai-nilai positif terutama dalam nilai dari gotong-royong

“Kedepan mari kita bersama-sama terus meningkatkan dan mengembangkan program bank sampah. Kami berharap agar tahun mendatang semua Desa/Kelurahan bisa ikut berpartisipasi dalam program Bank sampah sebagai penggiat peduli lingkungan,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments