BeritaPemerintahan

Mahasiswa PTM2D Dorong Pengembangan Desa Wisata di Ciamis 

Mahasiswa PTM2D (Perguruan Tinggi Mandiri Membangun Desa) mendorong pengembangan desa wisata di Ciamis, salah satunya Desa Sukasetia.

Hal itu Wakil Bupati Ciamis, H. Yana D Putra, sampaikan saat meresmikan Desa Wisata Adat Sejahtera Berencana di Desa Sukasetia, Kecamatan Cihaurbeuti, Kamis (23/11/2023).

Yana D Putra menuturkan, inisiatif peresmiannya berasal dari masyarakat dan dorongan dari mahasiswa PTM2D yang terdiri dari UNIKOM Bandung, IKIP Siliwangi, dan Universitas Galuh.

Pada kesempatan itu, Yana D Putra menyampaikan ucapan terima kasih kepada koordinator PTM2D karena memilih Desa Sukasetia sebagai tempat kegiatan.

“Kami berharap kegiatan ini bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat desa,” katanya.

Wakil Bupati Ciamis periode 2019-2024 ini menyebutkan, peresmian desa wisata tersebut sejalan dengan visi misi Kabupaten Ciamis.

“Khususnya dalam membangun perekonomian berbasis pemberdayaan masyarakat, ekonomi kerakyatan, dan potensi unggulan lokal,” katanya.

Yana D Putra menegaskan, Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis akan menindaklanjuti upaya mahasiswa PTM2D di Desa Sukasetia tersebut.

Konsep wisata yang masyarakat Desa Sukasetia usung menjadi sorotan Wakil Bupati Ciamis asal Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Pasalnya, konsep wisata tersebut menekankan pentingnya menjual keunikan kearifan lokal dan budaya.

“Kearifan lokal dan kultur budaya menjadi daya jual utamanya,” kata Yana D Putra.

Yana D Putra meyakini, pengembangan potensi kultur dan budaya akan memberikan nilai jual dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, juga mengapresiasi para mahasiswa karena sudah memberikan edukasi kepada masyarakat Desa Sukasetia, salah satu desa wisata di Ciamis.