BeritaPemerintahanPendidikan

Dinas Pendidikan Ciamis Raih Penghargaan Merdeka Belajar 2024, Bukti Dedikasi dan Inovasi dalam Transformasi Pendidikan

Dinas Pendidikan (Disdik) Ciamis berhasil meraih penghargaan bergengsi Merdeka Belajar 2024 dalam kategori Transformasi Pembelajaran.

Penghargaan ini merupakan bukti nyata dedikasi dan kerja keras seluruh tim Disdik Ciamis dalam mewujudkan transformasi pendidikan di Kabupaten Ciamis.

Penyerahan penghargaan berlangsung pada hari Jumat (05/07/2024) di Jakarta Convention Center (JCC).

Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, Erwan Darmawan, yang hadir mewakili Bupati, menyampaikan rasa bangga dan haru atas prestasi yang diraih.

Erwan menuturkan, penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi seluruh tim Disdik Ciamis, serta dukungan penuh dari berbagai pihak.

Termasuk, kata Erwan, Bupati Ciamis periode 2019-2024, Dr. H. Herdiat Sunarya, MM., dan Kepala Dinas Pendidikan Ciamis sebelumnya, (Alm) Dr. Asep Saeful Rahmat, S.Ip.,M.Si.

Lebih lanjut, Erwan menjelaskan bahwa transformasi pembelajaran yang dilakukan Disdik Ciamis mencakup berbagai aspek, mulai dari:

Pertama; Pengembangan kurikulum yang lebih relevan dan adaptif dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

Kedua; Pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran.

Ketiga; Pelatihan dan pengembangan kompetensi guru secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan.

Menurut Erwan, semua upaya tersebut dilakukan dengan tujuan menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif, efisien, dan menyenangkan bagi para pelajar di Kabupaten Ciamis.

Erwan berharap raihan penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh tenaga pendidik di Kabupaten Ciamis untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan.

“Kami berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dan transformasi demi masa depan pendidikan yang lebih baik di Kabupaten Ciamis,” tegas Erwan.

Ia pun berharap kesuksesan Disdik Ciamis dapat menginspirasi dinas-dinas lain di Kabupaten Ciamis untuk menerapkan kebijakan dan program pendidikan yang inovatif dan transformatif.

“Semoga penghargaan ini bukan hanya menjadi milik Disdik Ciamis, tetapi dapat memotivasi dinas-dinas lain untuk meraih prestasi yang sama,” pungkas Erwan.

Penghargaan Merdeka Belajar 2024 merupakan bukti nyata komitmen dan keseriusan Disdik Ciamis dalam mewujudkan transformasi pendidikan di Kabupaten Ciamis.

Prestasi ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.