Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBeritaDiklat Calon Pengawas di Ciamis Diikuti 13 Orang, Ini Jadwal Tahapannya

Diklat Calon Pengawas di Ciamis Diikuti 13 Orang, Ini Jadwal Tahapannya

ReportaseePRIANGAN.com – Sebanyak 13 calon pengawas SD (Sekolah Dasar) yang sudah dinyatakan lulus seleksi subtansi di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, mengikuti diklat calon Pengawas yang berlangsung di Aula PGRI Ciamis.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Dr. Asep Saeful Rahmat mengatakan, dari 16 pendaftar hanya 13 orang yang dinyatakan lulus dalam seleksi subtansi.

Dalam kegiatan Diklat tersebut ada empat tahapan, satu OJT On The Job Training, mulai tanggal 20-29 Agustus, IST In Servis Training tanggal 30-3 Sepetember, OJT 2 4-11 Oktober, IST 2 12-15 Oktober.

Diakui Asep, sebenarnya untuk pengawas SD di Ciamis masih kekurangan sebanyak 28 Pengawas. Itu artinya, jika yang diklat sudah dinyatakan lulus dan menjadi pengawas masih tetap kekurangan sebanyak 15 pengawas.

“Kami berharap agar para calon pengawas sekolah ini bisa mengikuti pembekalan diklat calon pengawas sekolah secara maksimal dan tetap menjaga kesehatan. Dan yang Pastinya tidak hanya sekedar lulus, tetapi berprestasi dan berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan,” ujarnya.

Lanjut Asep menuturkan, untuk menjadi calon pengawas sekolah merupakan salah satu amanah yang luar biasa. Dimana selain pekerjaan supervisi manajerial, pengawas sekolah juga memiliki tugas sebagai supervisi akademik.

Untuk idealnya satu pengawas sekolah itu mengawasi 10 sekolah. Namun, jumlah pengawas yang ada saat ini masih tidak ideal karena memang masih kekurangan.

Pengawas sekolah itu menurutnya berbeda dengan kepala sekolah. Sebab pengawas sekolah itu harus menguasai berbagai aspek dari 8 Standar Nasional Pendidikan.

“Diklat yang diadakan sekarang ini bertujuan membekali calon pengawas sekolah dengan dimensi kompetensi yang diperlukan bagi pengawas sekolah dalam melaksanakan tugasnya sehingga dapat membangun budaya belajar di sekolah,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments