Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBeritaCegah penyebaran penyakit Tuberculosis, Dinkes Ciamis susun Silacak Galuh Toss TB

Cegah penyebaran penyakit Tuberculosis, Dinkes Ciamis susun Silacak Galuh Toss TB

ReportaseePRIANGAN.com – Saat ini Pemerintah Kabupaten Ciamis tidak hanya melulu berkutat dengan permasalahan Pandemi Covid-19, namun kini mewaspadai penyakit gangguan pernapasan yang sudah lama berkembang, yaitu tuberculosis (TBC).

Menghadapi tantangan tersebut, Dinas Kesehatan menggelar kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) bersama para OPD terkait, stakeholder dan yang lainnya, di ruang Opproom Setda Kabupaten Ciamis, yang dibuka oleh Sekda Ciamis, H. Tatang, Kamis (26/08/2021).

Dalam paparannya, Sekda Tatang menyebutkan satu pasien TBC terkonfirmasi bakteriologis yang tidak diobati secara tepat dan berkualitas dapat menginfeksi sekitar 10 orang pertahun.

“Kelompok yang berisiko tinggi untuk terinfeksi adalah orang yang kontak erat dengan pasien TBC, antara lain anak, lansia dan orang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh, misal gizi buruk, infeksi hiv,” ucapnya.

Menjawab tantangan tersebut, Dinas Kabupaten Ciamis membuat sebuah aplikasi dengan nama “Silacak Galuh Toss TB” atau Strategi Pelacakan dan Penanggulangan Menyeluruh Untuk Temukan Obati Sampai Sembuh Tuberkulosis.

Silacak Galuh Toss TB tersebut adalah kerjasama diantara stakeholder pembangunan baik dilakukan secara bersama-sama maupun sebagian, dalam rangka pemberdayaan serta peningkatan peran dalam penanggulangan TB secara komprehensif.

“komprehensif meliputi penguatan pengetahuan masyarakat, kewaspadaan dan atau intensifikasi pelacakan kasus secara dini, tatalaksana kasus dan jaminan keberlangsungan program pengobatan serta intervensi faktor determinan dengan mempertimbangkan potensi yang dimiliki sesuai kapasitasnya,” ucap Kadinkes dr. H. Yoyo., M.Mkes.

Tujuan Silacak Galuh Toss TB sendiri, selain meningkatkan peran serta dan kerjasama stake holder serta mengoptimalkan potensi juga membentuk langkah gerak bersama diantara para stakeholder pembangunan dalam “roadmap” untuk penyelesaian masalah kesehatan penyakit TB di Kabupaten Ciamis.

“Kita berharap penanganan penyakit TBC ini bisa diminimalisir sedini mungkin dan kami meminta dukungan semua pihak, agar tercipta lingkungan yang sehat dan aman dari penyebaran penyakit TB ini,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments