Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBeritaAntisipasi Lonjakan Covid-19, Pemkab Ciamis Akan Segera Operasikan RSUD Kawali

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Pemkab Ciamis Akan Segera Operasikan RSUD Kawali

ReportaseePRIANGAN.com – Dalam upaya antisipasi lonjakan kasus Covid-19, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Ciamis akan segera mengoperasikan rumah sakit umum daerah (RSUD) Kawali.

Hal tersebut sebagai upaya membantu penanganan pasien Covid-19 yang saat ini semakin tinggi.

Direktur RSUD Kawali, Yosi Garniwa mengatakan, RSUD Kawali ini akan segera beroperasi, diperkirakan minggu ini.

“Kemarin Bupati dan Wakil Bupati Ciamis juga telah meninjau langsung ke lokasi RSUD Kawali,” katanya, Selasa (22/6/2021).

Menurutnya, meskipun RSUD Kawali ini beroperasi namun ini akan di fokuskan dulu untuk penanganan pasien Covid-19.

“Nantinya RSUD Kawali ini juga akan menjadi tempat isolasi mandiri seperti isolasi terpusat Islamic Center Ciamis,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati ciamis, H. Herdiat Sunarya mengatakan, beroperasinya RSUD Kawali ini untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Ciamis.

Jumlah Bed yang telah tersedia yaitu sekitar 30 persen dari 50 persen kapasitas, jadi kurang lebih sekitar 20 tempat tidur.

“Rekomendasi operasionalnya baru keluar beberapa waktu lalu, jadi hari ini kami akan persiapakan untuk penanganan pasien Covid-19,” katanya.

Menurut Herdiat, hasil rapat bersama Gubernur  Jabar, Ridwan Kamil menyebutkan bahwa dibeberapa daerah sudah ada yang masuk virus Covid-19 varian baru.

“Gubernur meminta kita untuk waspada dan melakukan persiapan-persiapan agar varian baru itu tidak masuk ciamis,” tutur.

Jika ada lonjakan Covid-19, maka Pemkab Ciamis juga akan menggerakan kembali ruang-ruang isolasi di desa-desa, kemudian akan mengintruksikan kepala puskesmas jika ada pasien Covid-19 yang bergejala ringan agra isolasi di puskesmas.

“Saya mengajak kepada masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan cara 5M agar terhindar dari virus Corona,” pungkasnya.

Editor : Ramdani

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments