Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBeritaAksi WCD 2021, Sampah Terkelola di Ciamis Capai 68 Ton

Aksi WCD 2021, Sampah Terkelola di Ciamis Capai 68 Ton

ReportaseePRIANGAN.com – Dalam aksi World Cleanup Day (WCD) tahun 2021, di Kabupaten Ciamis sendiri telah terkelola sampah mencapai 68 Ton dengan hitungan Anorganik 26.997 kilogram, Organik 28.377 kilogram.

Sementara untuk sampah Residu sebanyak 13.251 kilogram yang terhitung mulai dari tanggal 12 sampai 24 September 2021.

Plt. Sekretaris Dinas PRKPLH Ciamis, Giyatno mengatakan, saat world Cleanup Day di Ciamis, acara puncaknya jatuh pada tanggal 18 September peserta sebanyak 49.376 relawan dari 27 Kecamatan.

Tema yang diusung dalam acara tersebut yaitu “Bijak Kelola Sampah”. Saat aksi bersih-bersih juga banyak dilakukan oleh kaum milenial dan untuk penggerak di Desa yaitu dari Karang Taruna, bijak kelola sampah.

“Alhamdulillah, tahun sekarang dalam WCD tahun 2021 aksi bersih-bersih ini banyak diikuti oleh masyarakat dan warga masyarakat tatar galuh yang sangat antusias,” katanya, Rabu (29/9/2021).

Giyatno menuturkan, World Cleanup Day adalah sebuah gerakan sosial yang bertujuan mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk memiliki kesadaran membersihkan, menjaga dan memelihara lingkungan mulai dari diri sendiri, rumah dan masyarakat.

Menurutnya, memberikan edukasi dan kesadaran kepada masyarakat bahwa menanggulangi masalah sampah dapat dilakukan dengan cara memilah sampah dari rumah.

“Mari kita pilah sampah dari rumah. Bagaimana meningkatkan bank sampah dan bagaimana sampah itu terkelola, bagaimana sampah jadi bahan baku daur ulang yang mandiri, tidak impor lagi,” tuturnya.

“Mari kita gunakan sampah sebagai sesuatu yang meningkatkan nilai ekonomi sirkular. Dan tentu ini semua membutuhkan dukungan semua pihak,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments